Apa Strategi Marketing Online Paling Murah 2019

Ada banyak sekali strategi marketing online yang bisa Anda lakukan. Diantaranya ada yang cepat tapi mahal dan ada juga yang murah namun butuh waktu lama.

Apa Strategi Marketing Online Paling Murah – upaya memperkenalkan produk atau jasa Anda tidak lah murah. Jika tidak menggunakan uang, maka Anda harus siap menggunakan waktu dalam usaha marketing Anda. Artinya, tidak ada yang gratis. Maka Anda harus buang jauh-jauh mindset gratisan dalam berbisnis.

Ada banyak sekali strategi marketing online yang bisa Anda lakukan. Diantaranya ada yang cepat namun Anda harus berani mengeluarkan uang di muka. Ada juga yang hanya membutuhkan modal marketing yang relative murah namun harus menunggu waktu lama.

Intinya, strategi marketing online yang instan itu mahal dan hanya berlaku sementara. Katakanlah Anda tidak sanggup lagi membayarnya maka upaya marketing Anda akan hilang. Dan penjualan Anda berhenti.

Disisi lain, jika Anda ingin strategi marketing Anda bertahan lama, maka Anda membutuhkan waktu yang lama untuk menumbuhkan awareness terhadap produk anda. Namun,disaat Anda berupaya susah payah menciptakan awareness, kompetitor Anda yang berani dan sanggup menggunakan cara instan, yaitu berbayar, maka Anda akan tertinggal 1000 langkah.

Walaupun strategi marketing online bertahan lama, Anda membutuhkan waktu yang lama. Disaat itu terjadi, semua produk Anda sudah tidak lagi relevan dijamannya. Sehingga Anda harus memulai dari awal lagi. Jadinya Anda tidak kaya-kaya.

Nah, kali ini Anda akan -jika diijinkan- tahu strategi marketing online yang paling murah. Bayar untuk mendapatkan awareness secara instan, tapi bisa tahan lama. Yuk lanjut baca…

Sebelumnya, saya punya hadiah khusus untuk Anda pengunjung blog ini. Gunakan link dibawah ini untuk mendapatkannya. It’s a surprise!

bandacloud.com/bisnisprodukdigital

strategi marketing online
Strategi Marketing Online

Strategi Marketing Online Instan

Anda punya modal banyak dan produk Anda laku kayak kacang goreng maka Anda bisa melakukan strategi marketing dengan membayar iklan. Produk atau jasa Anda akan ditayangkan oleh penyedia iklan secara masal. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan trafik yang masif juga.

Cara kerjanya sangat mudah, Anda bayar sekian puluh juta perhari untuk mendatangkan orang ke website atau landing page Anda. Jika Anda orang yang suka dengan tawaran Anda, maka mereka akan membeli produk yang Anda jual.

Biasanya, iklan yang Anda bayar dihitung per orang yang mengunjungi website atau menghubungi Anda via tools tertentu. Boleh jadi harga per orang murah sehingga Anda mendapatkan lebih banyak orang. Dan boleh jadi harganya mahal, dan Anda mendapatkan orang lebih sedikit.

Ada juga model iklan berbayar yang dihitung berdasarkan jumlah orang yang lihat tawaran, ada juga yang mengharuskan orang berinteraksi dulu baru Anda kena charge. Beda penyedia iklan beda terms and services nya. Oleh karena itu Anda harus banyak tahu tentang model iklan yang ada di internet.

Berikut ini akan saya bahas beberapa bentuk iklan berbayar yang sangat cocok untuk Anda pelajari.

baca juga: bandacloud.com/marketing/

Beriklan di Facebook

Strategi marketing online dengan beriklan di Facebook tidaklah mudah, dan pastinya membutuhkan banyak biaya. Mulai dari biaya belajar -karena Anda tidak akan bisa tanpa ada mentor- dan biaya iklan hariannya.

Namun, jika Anda mau lihat-lihat dulu dashboard iklan facebook (biasa disebut Facebook ad), silahkan buat akun iklan dulu. Gunakan link ini untuk mendaftar jika Anda belum punya akun iklan di facebook: facebook business

Penting diingat, facebook tidak terlalu bersahabat bagi para pemula yang mau coba-coba beriklan di platform mereka. Boleh jadi Anda tidak mendapatkan hasil (barang Anda laku) jika Anda sudah berhenti beriklan saat modal sudah habis satu juta.

Jadi, saya sarankan Anda punya mentor yang sudah mencapai biaya yang dikeluarkan untuk iklan sampai -minimal- 5 juta perhari. Jika mentor Anda belum pernah spent lima juta perhari, Anda harus cari mentor baru.

Saya tahu orang yang biaya iklannya 5 juta perhari belum boleh jadi mentor. Tapi, saat ada pemula yang belum tahu sama sekali dengan strategi marketing online dari beriklan di facebook harus belajar pada mentor yang mampu bayar iklan 1 milyar perhari. Pastinya pemula tidak sanggup catch up dengan ilmu si mentor.

Maka dengan itu, strategi marketing online dengan beriklan di facebook boleh menjadi strategi Anda untuk meningkatkan awareness dan/atau penjualan Anda.

So, segera siapkan dana untuk belajar facebook ad (beriklan di facebook). Silahkan cari dengan kata kunci “mentor facebook” di blog ini untuk mendapatkan mentor yang paling saya sarankan.

Baca Juga; https://bandacloud.com/facebook-ad

Beriklan Google.

Beriklan di facebook beda tipis Dengan google. Bedanya bukan dari segi harga, tapi dari segi konsep/model iklan mereka. Saya tidak mungkin membahas rinci tentang beda dan persamaan iklan di facebook dan di google. Tapi hanya perbedaan yang signifikan

Dengan beriklan di facebook, kita menargetkan orang berdasarkan demografi yang telah dirancang oleh facebook. Misalnya, umur, jenis kelamin dll. Sedangkan google menempatakan iklan kita berdasarkan kata kunci tertentu. Iklan google seperti ini biasa disebut GSN (google search Network).

Selain GSN, google memiliki model iklan yang berbeda yaitu GDN (google Display Network). Bedanya sederhana, iklan GSN akan tampil di pencarian google. Jika Anda cari dengan kata kunci tertentu, misalnya strategi marketing online, maka akan muncul iklan jasa penyedia marketing online.

GDN disisi lain memunculkan iklan bukan di pencarian google tapi di semua platform google, misalnya youtube, gmail, aplikasi android dll. Dan pengiklan menargetkan orang bukan dengan kata kunci (seperti GSN) tapi dengan demografi yang hampir serupa dengan facebook ad.

Nah, jika Anda beriklan di google, baik model GSN atau GDN, maka Anda akan mendapatkan trafik ke website Anda dengan instan. Strategi marketing online ini sedang digemari oleh marketer Indonesia pada tahun 2019.

Baca Juga: https://bandacloud.com/promo-domain-toko-online-diskon-5-persen/

Strategi Marketing Online Tahan Lama

Ok, Anda sudah tahu bagaimana efek dari beriklan di facebook atau google, Anda akan mendapatkan trafik instan dengan membayar beberpa juta rupiah. Semakin banyak Anda bayar, maka semakin banyak trafik yang Anda dapatkan. Sehingga semakin banyak pula yang beli produk atau jasa Anda.

Namun, disisi lain, ada satu lagi cara atau strategi marketing online yang tidak membuat Anda harus bayar uang dimuka seperti. Strategi marketing online ini sering disebut SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Artinya, Anda menyebarkan informasi tentang produk Anda dengan mengoptimalkan mesin pencari.

Dengan kata lain, Anda menulis sejumlah artikel yang menawarkan produk atau jasa Anda dengan mengikuti trik dan tips SEO. Jika optimasi SEO Anda sempurna, maka ketika orang mencari dengan kata kunci tertentu, misalnya strategi marketing online, maka para penyedia jasa online marketing akan muncul di halaman utama mesin pencarian. Dan kemungkinan orang akan berkunjung ke halaman tersebut.

Mesin pencari yang dimaksud bukan hanya google, tapi juga berbagai mesin mencari lain seperti bing, yahoo dan lain-lain. Intinya, strategi marketing online dengan mengoptimalkan mesin pencari adalah upaya supaya web yang berisi tawaran produk atau jasa Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Dimana pada ujungnya banyak orang yang akan melihat tawaran Anda.

Satu hal dari sekian banyak tantangan dari strategi marketing online SEO adalah waktu. Sejauh pengetahuan saya, tidak bisa satu artikel produk Anda bisa langsung muncul dihalaman utama dalam satu malam. Anda butuh setidaknya 6 bulan dan 100+ artikel yang telah dioptimasikan SEO nya sebagai pendukung dari halaman produk Anda.

Anda bisa kalulasi sederhananya seperti ini.

Katakana Anda punya uang 12 juta saat ini untuk budget marketing. Anda bisa memperkerjakan dua penulis yang akan diajari opitmasi SEO dengan gaji 2 juta per orang. Mungkin mereka butuh satu bulan untuk bisa mahir trik dan teknis SEO. Dan lima bulan lagi mereka diharapkan bisa mendongkrak web Anda berada dihalaman pertama untuk semua keyword yang akan Anda targetkan.

Bandingkan dengan beriklan di facebook atau google, 12 juta akan habis dalam satu minggu jika Anda mau banyak trafik. Dengan strategi marketing online SEO Anda bisa mendapatkan dua kali lebih banyak dari trafik bayaran. Memang Anda butuh banyak waktu supaya target trafik dua kali lebih banyak tercapai.

Nah, itulah cara atau strategi marketing online yang tahan lama. Segera belajar cara optimasi SEO untuk meningkatkan penjualan Anda.

Baca Juga: https://bandacloud.com/3-cara-memperbaiki-seo-agar-ranking-1-google/

Strategi Marketing Online Tahan Lama Instan

Anda sudah tahu beriklan di platform facebook atau google dan cara optimasi SEO sebagai strategi marketing online Anda. Bagaimana jika kita gabungkan kedua strategi ini? Tapi dengan cara berbeda, cara email marketing.

Konsepnya sederhana, Anda meningkatkan penjualan dari trafik yang instan dan tahan lama. Disinilah peran email marketing sebagai strategi marketing online Anda. Mari lanjut baca jika Anda masih bingung.

Anda mempunyai trafik yang banyak tapi berada pada kendali Anda. Mereka tidak akan hilang karena semua bentuk data mereka sudah ada ditangan Anda. Data yang saya maksud adalah alamat email yang Anda dapatakan dari membayar iklan.

Singkatnya, Anda bayar iklan untuk mendapatkan alamat email orang dalam jumlah banyak. Kemudian, karena Anda sudah menguasai optimasi SEO yang sudah dipoles dengan copywritng, maka Anda bisa mengirim email dengan tawaran produk Anda kapanpun Anda mau.

Yang perlu Anda siapkan adalah akun untuk layanan email marketing Anda. Kemudian Anda membuat satu produk lead magnet yang hanya akan didapatakan jika seseorang memberika email mereka secara sukarela.

Setelah layanan email marketing dan produk lead magnet, maka Anda tinggal mengiklan kan porduk tersebut di facebook atau di google. Bagi orang yang tertarik dengan produk lead magnet Anda maka ia akan subscribe ke layanan email marketing Anda untuk mendapatkan produk lead magnet yang Anda janjikan.

Pada saat Anda mendapatkan ribuan bahkan puluhan ribuan alamat email, pada saat itu pula Anda bisa mengirim email dengan tawaran produk utama Anda. Biasanya, 50% dari total koleksi email Anda akan membuka email Anda, dan 10% lagi akan membeli produk Anda.

Kemudian, jika Anda mau memberikan promo supaya menggait orang yang setengah tertarik dengan tawaran pertama Anda, maka Anda bisa mengirim email ke 90% persen (dari total alamat email dikurangi 10% yang telah beli) dengan sekali kirim email. Anda bisa kirim email kapan pun Anda mau.

Tidak hanya itu, bagi 10% orang yang telah beli produk Anda, Anda bisa tetap berinteraksi dengan mereka tanpa menawarkan produk apa-apa. Gunakan skill optimasi SEO Anda untuk mengirim email yang bermaanfaat bagi pelanggan Anda.

Dengan demikian, hubungan Anda dan pelanggan Anda jadi lebih erat. Dan mereka pasti mempercayain Anda lebih besar lagi.

Itulah strategi marketing online yang tahan lama dan instan. Ia instan karena Anda bayar iklan untuk mendapatkan alamat email dan ia tahan lama karena alamat email yang ada koleksi berada dibawah kendali Anda.

Mau kapanpun Anda kirim email, pasti ada saja yang membeli produk Anda.

Baca Juga: https://bandacloud.com/alternative-email-marketing-indonesia/

Ok! inilah ujung artikel Apa Strategi Marketing Online Paling Murah. Silahkan share jika Anda mau orang yang Anda kenal tahu ilmu ini juga. tinggalkan komenar jika anda merasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply