7 Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran untuk Perolehan Hasil bisnis yang Tepat Sasaran

Manajemen PemasaranManajemen pemasaran merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.

Falsafah konsep manajemen pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Dalam konsep pemasaran ini sendiri terdapat elemen-elemen penting yang berguna sebagai penunjang dalam pengoperasian pemasaran:

  • Market oriented yang berorientasi pada keinginan konsumen
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen

Konsep manajemen pemasaran pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.

Tapi sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah penting yang menyangkut dalam konteks manajemen pemasaran. Mengapa demikian? Karena istilah inilah yang akan menjadi titik tumpuan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Lalu, apa sajakah istilah-istilah tersebut ?

Produk (Barang, Jasa, Ide)

Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau. karena manajemen pemasaran ini harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.

Nilai

Manajemen pemasaran ini sendiri mengacu pada perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka (apa yang dirasakan / diinginkan) serta perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan dengan menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.

Biaya

Biaya yang terdapat pada manajemen pemasaran yakni harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi.

Kepuasan

Kepuasan konsumen adalah prioritas kami. Kalimat tersebut banyak ditemukan bahkan menjadi visi di beberapa produsen bisnis. Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), maka itu akan membawa pengaruh besar terhadap pebisnis tersebut. Kepuasan merupakan tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) produk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak dan kepuasan juga menjadi tolak ukur pada manajemen pemasaran.

Pasar

Pada manajemen pemasaran, pasar ini sendiri merupakan tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.

Jangan sampai kelupaan, ya!

Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan Marketing Strategy (Strategi Pemasaran). Dimana strategi pemasaran tersebut yang akan menjadi sebuah proses dalam menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait:

Target Market

Yakni sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Yakni variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix merupakan kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasar terutama dengan hal yang menyangkut manajemen pemasaran.

Implementasi Pemasaran

Merupakan proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran. Implementasinya mencakup aktivitas sehari-hari, dari bulan ke bulan yang secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Kegiatan ini dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta struktur organisasi formal yang dapat memainkan peranan penting dalam mengimplementasikan strategi pemasaran.

Implementasi pemasaran yang sukses tergantung dari beberapa kegiatan kunci yaitu:

  • Proses menciptakan hubungan antara fungsi personalia dan faktor fisik (sarana) harus bisa dilaksanakan dengan benar agar kegiatan pemasaran dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang meliputi: pembagian kerja, wewenang, tanggung jawab dan pelaporan kerja.
  • Memiliki target tujuan bagi setiap orang di dalam organisasi yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan pemasaran yang telah dibebankan kepadanya sehingga tidak overlapping pekerjaan.

Jadi, usaha yang berhubungan dengan segala sesuatu kegiatan pemasaran harus dilakukan dengan baik agar semuanya itu dapat terarah. Pengarahan kegiatan pemasaran tersebut meliputi:

  1. Pemberian perintah secara baik
  2. Motivasi
  3. Kepemimpinan

Dengan adanya pengarahan, segala kegiatan yang menyimpang akan terdeteksi dan pimpinan dapat memberikan motivasi untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan serta terjadi harmonisasi antar anggota organisasi/firm

Dalam manajemen pemasaran ini sendiri terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu: konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global. Berikut penjelasannya.

Konsep Produksi

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen pemasaran adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

Konsep Produk

Berbeda dengan konsep produksi, konsep produk ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Jadi, tugas manajemen pemasaran disini adalah membuat produk yang berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik.

Konsep Penjualan

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen yang dibiarkan begitu saja sehingga organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Konsep Pemasaran Sosial

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas dari organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

Konsep Pemasaran Global

Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang baik. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

Prinsip utama dari konsep pemasaran adalah menuntun setiap kegiatan pemasaran. Menurut konsep ini, suatu perusahaan senantiasa harus berusaha untuk menemukan apa yang dibutuhkan pelanggan dan menghasilkan produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan itu sehingga perusahaan dapat meningkatkan kemajuanya melalui kesetiaan pelanggan yang melakukan pembelian berulang-ulang. Disamping itu juga tidak boleh mengabaikan teknis dan kemampuan perusahaan untuk menanggapi kebutuhan pelanggan yang ditentukan oleh strategi dan seleksi pasar yang akan diliputi serta produk yang ditawarkan.

Konsep pemasaran memiliki 3 unsur pokok yang meliputi:

Orientasi pada konsumen

Perusahaan yang benar-benar memperhatikan konsumen harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Menentukan dan memahami kebutuhan pokok dari konsumen yang ingin dilayani
  • Menentukan kelompok pembeli yang ingin dijadikan sasaran penjualannya
  • Menentukan produk dan program pemasarannya
  • Mengadakan penelitian tentang motivasi konsumen
  • Menentukan dan melaksanakan strategi pemasaran yang baik
Koordinasi dan integrasi dalam permasalahan

Untuk memberikan kepuasan konsumen secara optimal, semua elemen-elemen yang ada harus dikoordinasikan dan diintegrasikan. Disamping itu juga harus dihindari adanya pertentangan didalam perusahaan maupun antara perusahaan dengan pesaingnya. Semua bagian yang ada didalam perusahaan harus menyadari bahwa tindakan mereka sangat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menciptakan dan mempertahankan pelanggan.

Jadi, setiap orang dan setiap bagian dalam perusahaan turut berkecimpung dalam suatu usaha yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen sehingga tujuan perusahaan dapat terealisasikan.

Selain itu juga harus terdapat penyesuaian dan koordinasi antara produk, harga, dan promosi, untuk menciptakan hubungan pertukaran dengan pelanggan. Artinya, harga harus sesuai dengan kualitas produk dan usaha juga harus dikoordinasikan dengan waktu setempat dan tempat yang tepat.

Mendapatkan laba melalui kepuasan konsumen

Faktor yang menentukan sebuah perusahaan dalam jangka panjang akan mendapatkan laba yaitu dengan sedikit banyaknya kepuasan konsumen yang dapat dipenuhi oleh perusahaan tersebut. Ini berarti bahwa perusahaan harus memaksimalkan kepuasan konsumen, tapi perusahaan harus mendapatkan laba tetapi dengan tidak mengesampingkan kepuasan konsumennya.

Strategi pemasaran

Persaingan yang meningkat dan semakin tajam mengakibatkan para pengusaha harus mampu mempertahankan produknya dalam persaingan bahkan memenangkan persaingan tersebut. Perusahaan harus dapat menerapkan strategi yang tepat bagi kelangsungan hidup produknya. Ada banyak sekali strategi pemasaran yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Temukan banyak tips seputar pemasaran dan bisnis untuk meningkatkan kariermu di bandacloud.com. Klik dan share sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *