Pengertian Email Marketing Berdasarkan 3 Level Pemahaman

Apapun model bisnis Anda, online atau offline, email marketing sangat membantu usaha marketing Anda.

Pengertian Email Marketing Berdasarkan 3 Level Pemahaman – Saat ini, Email marketing masih diminati oleh pebisnis online di Indonesia. Salah satu kekuatan utama dari email marketing adalah Anda tidak perlu lagi membayar iklan untuk promosi produk Anda.

Anda hanya perlu kirim email dengan segmentasi (kepada grup tertentu) sekali saja. Dan kemudian Anda hanya menerima orderan bagi mereka yang tertarik dengan tawaran Anda.

Walaupun para pebisnis sudah lama bergelut di dunia promosi lewat email marketing, masih banyak orang belum paham pengertian email marketing. Kali ini Anda akan tahu apa itu sebenarnya email marketing (untuk pemula) dan bagaimana untuk mengoptimasinya (untuk para praktisi).

Sebelum kita lanjut, Saya ada hadiah khusus untuk Anda pengunjung bandacloud.com yang ingin punya penghasilan tambahan dari ilmu yang Anda miliki. Klik link dibawah ini untuk mendapatkan materi bagaimana cara menciptakan produk digital berdasarkan apa yang Anda tahu.

bandacloud.com/bisnisprodukdigital

Ok! Mari kita bahas pengertian email marketing. Gunakan daftar isi dibawah ini untuk navigasi kebagian yang cocok untuk Anda. Jika Anda pemula di dunia email marketing, jangan dulu ke bagian ketiga, Anda tidak akan mendapatkan manfaat banyak.

pengertian email marketing

Pengertian Email Marketing Untuk Pemula

Karena Anda pemula dalam dunia email marketing, maka saya akan mencoba menjelaskan pengertian email marketing dengan lebih sederhana.

Pada dasarnya, marketing adalah teknik menggiring sebanyak-banyak orang untuk tahu tentang produk Anda. Sehingga, setelah orang tahu bahwa produk Anda ternyata ada, maka mereka akan mempertimbangkan untuk berkunjung ke toko atau web Anda.

Jadi, pengertian email marketing yang paling sederhana adalah upaya membuat orang sadar (tahu) tentang produk Anda melalui mengirim email personal langsung kepada calon pembeli Anda.

Kita ingin meyakinkan orang via email bahwa produk Anda akan dan mampu menyelesaikan masalah mereka.

Email digunakan bukan tanpa alasan. Ternyata alasan utamanya karena email terlihat personal, Anda dan calon pembeli terhubung langsung untuk konsultasi.

Jika alasannya adalah personal, kenapa tidak menggunakan instant messaging lain sepeti WhatsApp atau Telegram? Jawabannya sederhana, WA atau Telegram saat ini dilihat sangat personal, seolah tidak ada batasan privasi lagi.

Alur atau flow dari email marketing sebenarnya simple, Anda punya kontak email yang mungkin tertarik dengan tawaran Anda. Kemudian Anda menyiapkan konten email yang menarik dan berisi link dimana mereka bisa menghubungi Anda.

Kemudian Anda mengirimnya email tersebut ke semua kontak Anda. Dan Anda hanya perlu menunggu orang yang tertarik dengan tawaran Anda.

Disisi calon pembeli Anda, mereka melihat email masuk dari Anda dengan subject email yang akan menjawab masalah mereka. Dia buka email dan membaca tawaran Anda. Jika ia suka dengan tawaran Anda, ia pasti akan menghubungi Anda untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Nah, itulah pengertian email marketing bagi Anda yang masih pemula.

Baca Juga https://bandacloud.com/email-marketing-terbaik-pilihan-marketer-lokal/

Pengertian Email Marketing Untuk Praktisi

Bagi seorang praktisi (orang yang sudah bermain) di dunia email marketing, pengertian email marketing sebenarnya terletak pada bagaimana cara mengopitmalkan fungsi email marketing.

Saya yakin, Anda pasti sudah paham bagaimana email marketing bisa mendongkrak penjualan Anda. Dan pastinya tanpa harus menguluarkan biaya iklan lagi.

Tantangan bagi seorang praktisi email marketing adalah bagaimana cara mendapatkan leads (subscribers atau calon pembeli) sebanyak-banyaknya. Anda harus punya seribu alasan supaya orang harus mendaftarkan email mereka supaya bisa Anda kirim email tawaran Anda.

Selain mendapatkan leads, tantangan Anda selanjutnya adalah merubah leads (calon pembeli Anda) menjadi pembeli dan pelanggan Anda yang setia. Ini bukan perkara mudah, Anda harus tahu setidaknya 12 skills supaya bisa merubah orang yang belum kenal Anda menjadi pelanggan setia Anda.

Untuk tantangan pertama, Anda bisa menggunakan iklan berbayar, baik di Facebook atau iklan Google, yang mengisyaratkan untuk memberikan email mereka dengan tawaran mendapatkan ebook atau lead magnet lainnya.

Dengan iklan berbayar, jumlah orang yang tertarik jadi lebih banyak, bisa jadi 700+ orang perhari. Ini bisa dicapai jika Anda bisa mengoptimalkan iklan dengan baik.

Selain iklan, Anda juga bisa menggunakan optimasi SEO blog atau landing page. Dimana Anda mengajak orang untuk memberikan email untuk mendapatkan sebuah produk (bisa jadi poduk gratis).

Tantangan kedua adalah bagaimana membuat orang menghubungi Anda setelah mereka membaca tawaran yang Anda kirim via email. Hal ini mewajibkan Anda untuk tahu tentang konten email marketing yang tidak boleh ngasal.

Konten email Anda harus tersusun rapi dengan copywriting dan hypnotic language pattern (NLP). Silahkan cari tentang copywritng dan NLP di blog ini. Saya sudah menulis banyak tentang kedua hal ini.

Nah! Itulah yang harus Anda lakukan jika Anda seorang praktisi email marketing.

Baca Juga: https://bandacloud.com/alternative-email-marketing-indonesia/

Pengertian Email Marketing Untuk Mastah

Apa yang harus dipahami oleh seorang yang sudah jago dan lama bergelut di dunia email marketing? Anda sudah tahu dan bisa mendapatkan leads dengan jumlah banyak dalam sehari, baik melalui iklan atau optimasi SEO.

Anda juga sudah tahu tentang copywriting, baik konten iklan, emial dan copywriting di CS Anda. Terus apa selanjutnya pengertian email marketing yang cocok untuk para mastah ini?

Disclaimer! saya sebenarnya bukan mastah di dunia email marketing. Jadi, disini saya hanya memberikan apa yang guru saya selalu ingatkan saya tentang marketing, dari segala bentuknya.

Yang diinginkan oleh pebisnis Adalah closing lebih banyak. Dan cara yang paling mudah adalah menjual atau menawarkan produk yang berbeda kepada orang yang sama.

Say, Anda punya 80000 ribu kontak email, dan katakanlah 8000 dari mereka sudah pernah membeli dari Anda. Jika Anda tawarkan lagi produk Anda kepada 72000 orang dari sisa kontak Anda, hanya sedikit sekali yang mau membeli produk Anda.

Maka solusi yang paling mudah adalah menciptakan produk baru lagi. Katakanlah produk Anda sudah terbukti dan sudah dites, maka 50% dari 8000 (pelanggan Anda) akan membeli produk Anda.

Harga dan bentuk tidak lagi relevan. Karena mereka sudah percaya dengan layanan atau produk yang berasal dari Anda. Intinya, Mereka sudah percaya kepada Anda.

Kemudian Anda tawarkan kepada 72000 orang lain yang ada dalam list kontak Anda, maka 10% dari mereka akan membeli produk baru Anda. Maka Anda sudah punya 7200+8000 orang yang sudah percaya kepada Anda.

Ingat, Anda tidak lagi perlu bayar iklan untuk menjual produk-produk baru Anda. semuanya sudah ada dalam kendali Anda.

Nah! inilah yang pengertian email marketing bagi mastah: mengoptimalkan produk baru supaya bisa ditawarkan kepada kontak yang sama.

Demikianlah Pengertian Email Marketing Berdasarkan 3 Level Pemahaman. Pastikan mitra dan kolega Anda tahu tentang artikel ini jika Anda yakin artikel ini akan membantu mereka meningkatkan penjualan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: https://bandacloud.com/email-marketing-murah-lokal-dan-global/

Leave a Reply